Show Mobile Navigation

Hasil Terupdate

Hasil terupdate

Jumat, 30 November 2012

Nil Maizar: Tidak Ada Bintang di Tim Indonesia

arya - 00.05
Kuala Lumpur - Pelatih tim nasional Indonesia, Nil Maizar punya kebijakan terkait tim yang dipimpinnya selama berlaga di Piala AFF. Tak mau mengekang pemain, dia juga memandang sama pada seluruh anggota skuatnya. "Tak ada pemain bintang di Skuat Garuda".

Salah satu hal yang terlihat jelas sejak awal kedatangan timnas di Malaysia adalah soal besarnya keleluasaan yang diberikan untuk para pemain saat di luar jam latihan.

Beberapa anggota skuat Indonesia terlihat berjalan-jalan santai di pusat keramaian sehari setelah laga pertama dengan Laos. Pun begitu di hari ini, Kamis (29/11/2012), setelah kemarin memetik kemenangan 1-0 dari Singapura. Andik dan M. Taufiq, yang merayakan ulang tahunnya, kembali terlihat bersantai di luar hotel.

Soal kebijakan tersebut, Nil Maizar menyebut itu dilakukan supaya pemain dapat kesempatan menyegarkan diri dan tak mengalami ketegangan di tengah turnamen.

"Kami bukan membebaskan pemain. Itu program pelatih saja. Refreshing. Seperti contohnya, Andik dan Taufiq pergi karena ada yang ulang tahun. Ya biarkan saja. Jangan dikekang," terang Nil pada wartawan.

"Kalau kembali, ya sebentar lagi juga kembali. Makan malam sudah kembali," lanjutnya.

Hal lain yang diterapkan eks pelatih Semen Padang itu di skuatnya adalah meniadakan anak emas. Disebutnya kalau semua pemain punya posisi yang sama, tidak ada yang berlabel bintang, tidak ada yang berlabel bukan bintang.

Demikian diungkapkan Nil saat ditanya soal komposisi pemain belakang untuk laga Indonesia vs Malaysia. Sebagaimana diketahui Handi Ramdhan masih dibekap cedera, sementara Wahyu Wijiastanto dapat akumulasi kartu kuning.

"Stoknya kan ada Maitimo, Nopendi, Valentino, dan Geddy. Mungkin di antara itu saja. Tapi, untuk menentukannya kan tergantung dengan pembicaraan dulu dengan tim pelatih. Kalau di latihan ada Nopendi dan Novan di tengah. Simulasi game-nya saya coba-coba terus. Tapi, kita lihat saja kondisi pemain besok pagi."

"Semua pemain sama. Tidak ada yang bintang, tidak ada yang tidak bintang. Semua pemain penting. Mau dia main 10 menit atau berapa menit, dia main buat tim. Kalau ada pemain diganti, itu bukan karena jelek. Taktik saja itu," terang Nil.

(din/din) 

0 komentar:

Posting Komentar